You are here:

PD Pasar Palembang Jaya

  • Images by PD Pasar Palembang Jaya
  • Images by PD Pasar Palembang Jaya
  • Images by PD Pasar Palembang Jaya
  • Images by PD Pasar Palembang Jaya
  • Images by PD Pasar Palembang Jaya
  • Images by PD Pasar Palembang Jaya
  • Images by PD Pasar Palembang Jaya
  • Images by PD Pasar Palembang Jaya
  • Images by PD Pasar Palembang Jaya
  • Images by PD Pasar Palembang Jaya
  • Images by PD Pasar Palembang Jaya
  • Images by PD Pasar Palembang Jaya
  • Images by PD Pasar Palembang Jaya

Harga Daging di Palembang Naik Drastis

Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang, Sabtu menembus Rp120.000 per kilogram, atau naik drastis dibandingkan kondisi normal kisaran Rp80 ribu per kg."Sesuai prediksi harga daging sapi akan menembus Rp120.000 karena kemarin sudah menyentuh Rp115.000 per kilogram," kata Rosyad, pedagang di Pasar Km 5 Palembang. Ia menilai, kenaikan harga itu disebabkan sentimen pasar yang terlalu berlebihan mengingat stok dari agen cukup lancar. "Sebenarnya bisa bertahan dikisaran Rp115.000 per kilogram, tapi karena pengaruh banyak permintaan membuat pedagang menaikkan harga menjadi Rp120.000 per kilogram," ujarnya. Menurut dia, puncak harga daging terjadi pada hari ini mengingat pada Lebaran akan bergerak ke harga normal. "Hari ini merupakan "hari bermasak" kata orang Palembang jadi permintaan tergolong paling tinggi dibandingkan sebelumnya. Meski demikian, ada pula warga yang sudah membeli pada beberapa hari sebelumnya kemudian diawetkan di lemari pendingin," kata dia.

Sementara, penurunan harga daging sapi mulai terasa di Pasar 26 Ilir sekitar pukul 11.00 wib. Sejumlah pedagang mematok harga daging sapi dikisaran Rp95.000 hingga Rp100.000 per kilogram. "Tadi pagi masih Rp110.000 tapi memasuki siang sejumlah pedagang memilih menurunkan harga agar stok segera habis," ujarnya. Ia menambahkan, para pedagang berkeinginan segera pulang untuk mudik atau sekadar menyiapkan kebutuhan Lebaran. "Sore nanti, bisa dipastikan para pedagang sudah pulang semua dan pembeli juga tidak ada lagi," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel Nasrun Umar mengatakan kenaikan harga daging sapi selama Lebaran mampu ditoleransi masyarakat karena berkisar 10-20 persen. "Harga normal daging sapi berkisar Rp80.000 per kilogram, dan menjelang Lebaran mengalami kenaikan menjadi Rp100.000 hingga Rp120.000 per kilogram. Artinya kenaikan harga ini sudah sesuai prediksi berdasarkan pantaun rutin setiap tahun," katanya. Ayam potong Sementara penjual ayam petelur atau ayam potong marak di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang serta pingiran jalan, sehari menjelang Lebaran.

Pantauan di Pasar Perumnas, terdapat sekitar sepuluh orang pedagang ayam petelur dengan menggunakan kandang seadanya. Keadaan serupa juga terjadi di pinggir jalan kawasan Pusri, dan Celentang. Para pembeli dapat memilih ayam petelur yang diminati dengan harga Rp45.000 hingga Rp50.000 per ekor. Yuli, salah seorang warga mengatakan berminat membeli ayam petelur karena memiliki daging yang empuk serta ukuran lebih besar. "Dagingnya lebih lembut karena memakan jagung. Selain itu memang ukurannya lebih besar dari ayam potong biasa," ujarnya. Hanya saja, para pembeli harus menyembelih sendiri ayam petelur itu. "Tidak masalah menyembelih dan membersihkan sendiri, karena menjelang Lebaran sudah libur bekerja jadi memiliki banyak waktu untuk memasak," katanya. Sementara, Ajie, pedagang di kawasan Pusri mengatakan telah menjual sekitar 20 ekor dari pagi hingga siang hari. "Justru kemarin lebih banyak yakni sekitar 35 ekor ayam petelur. Sejak empat hari lalu sudah menjual sekitar 200 ekor dengan omzet sekitar Rp10 juta," katanya, Sementara, harga ayam potong mengalami kenaikan dari Rp26.000 menjadi Rp28.000 per kilogram

 

Kalender

Situs Terkait

 
 
 
 

Bulletin Metropolis
 


Statistik

Content View Hits : 128460

Tentang Kami

Perusahaan Daerah Pasar Palembang Jaya mengelola 38 (tiga puluh delapan) pasar tradisional yang tersebar di seluruh wilayah Kota Palembang. Pasar-pasar yang dikelola banyak berlokasi di tempat yang strategis dan mempunyai nilai investasi yang terus meningkat antara lain adalah Pasar 16 Ilir, Pasar Retail Jakabaring, Pasar Cinde, Pasar Kepandean, Pasar Lemabang, Pasar Alang-alang Lebar, Pasar Buah, Pasar Yada, Pasar Induk dan beberapa Pasar lainnya milik PD. Pasar Palembang Jaya

Selamat datang di website PD Pasar Palembang Jaya